Cara Menghapus URL Blog Error 404, Mudah dan Otomatis Banyak

Cara menghapus URL blog error 404 page not found dari webmaster secara mudah dan otomatis langsung banyak sekaligus untuk mempercepat proses.

Cara Mengatasi Url Error 404 Page Not Found di Webmaster

Sebagai blogger Anda pasti sudah thau bukan, apabilah sebuah website atau blog terlalu banyak memiliki halaman error salah satunya error 404 page not found akan berpengaruh buruk bagi SEO blog atau website itu sendiri.

Dan apabila blog tersebut sudah di daftarkan di Google Webmaster biasanya di halam dasboard akan muncul peringatan URL Errors di kolom "Crawl Errors" disertai dengan berapa jumlah link yang error tersebut. Kurang lebih tampilannya seperti ini.

Laporan Error 404 di Webmaster
Dan jika Anda klik pada bagian Crawl Errors akan tampil detail lengkapnya seperti ini, dan jika anda geser ke bawah lagi akan terlihat link URL yang error atau not found.


Dan jika link URL eror 404 Page Not Found tersebut dibiarkan saja akan bepengaruh buruk bagi seo blog Anda. Dan bisa mempengaruhi peringkat blog Anda di Serp Google menjadi menurun.

Lantas bagaimana mengatasi Error 404 Page not Found pada blog, agar kualitas seo pada blog kita tetap bagus?

Untuk mengatasi hal tersebut, ada dua cara yang bisa Anda lakukan:
  1. Melakukan redirection 301 atau 302.
  2. Menghapus link eror tersebut dari index google.
Di sini Saya tidak akan membahas yang nomor satu, saya akan membahas yang nomor dua yaitu cara menghapus URL error 404 page not found menggunakan fitur yang ada di google webmaster. Fitur tersebut bernama Renove URLs, jika di Webmaster Tools Anda bisa menemukannya di menu Google Index.


Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghapus link URL error yang ada di Blog atau Website Anda. Cara penggunaannya mudah Anda tinggal mensubmite link URL yang eror dengan memilih Temporarily Hide, lalu masukan linknya disitu lalu klik Continue kemudian terakhir Submite Request.

Apabila link error nya sedikit Anda bisa melakukannya dengan cara manual seperti di atas, namun bagaimana jika link tersebut jumlahnya banyak seperti gambar di atas ada 1.162 link not found?

Pati akan melelahkan sekali jika Kita harus menghapusnya satu-persatu secara manual, mungkin dua hari juga belum tentu selesai. Untuk itulah saya membuat artikel ini, saya menemukan cara yang lebih mudah agar proses penghapusan link eror bisa berjalan otomatis.

Sehingga Kita tidak perlu lagi melakukan submite satu-persatu link tersebut di menu Remove URLs, untuk lebih lengkapnya silahkan Anda simak caranya berikut ini.

Cara Menghapus URL Blog Error 404 Page not Found dari Google Webmaster Secara Mudah dan Otomatis Langsung Banyak Sekaligus.

Masuk ke Dashboard Webmaster Blog Anda. (jika Anda menggunakan tampilan webmaster tools yang baru, saya sarankan kembali ke tampilan lama dengan mengklik pada menu Go to the old version)

Tampilan Google Webmaster Versi Baru

Setelah masuk, Anda buka menu Crawl, kemudian pilih pada menu Crawl Errors. URL error biasanya akan dibagi menjadi tiga versi, yaitu error versi Server, Dekstop, maupun Smartphone. Anda pilih salah satu dulu mana yang ingin di hapus, sebagai contoh di sini saya akan melakukan pada versi Dekstop.

Kemudian download link error tersebut melalui menu download yang sudah disediakan. Nanti file link akan tersimpan dengan ekstensi .CSV.

Cara Menghapus Link URL Error 404 Page not Found

Selanjutnya buka file hasil download tadi menggunakan Ms Excel. Sewaktu saya pertama membuka file CSV hasil download tadi tampilannya berantakan sekali, seperti ini tampilannya:

Hasil Download Link Error dari Webmaster

Jika Anda juga mengalami hal yang sama seperti Saya bisa memperbaikinya dengan cara ini: Membuka File CSV di Excel Agar tidak Berantakan 

Kita lanjutkan ke topik pembahasan utama kita, saya Anggap Anda sudah memperbaiki tampilan file CSV yang berantakan di Ms Excel Anda.

Selanjutnya Anda copy semua link URL yang ada di situ, kemudian paste di Notepad lalu Simpan.

Cara Menghapus Link URL Error 404 Page not Found

Link URL Error 404 Page not Found sudah kita kumpulkan dan simpan ke Notepad, sekarang kila mulai prose penghapusan masalah link tersebut.

Disini pastikan Anda membuka Google Webmaster di browser Google Chrome, karena tools penghapus masal ini memang memang di khususkan untuk Google Chrome saja. Anda bisa mendapatkan tool tersebut Di Sini, nama toolsnya adalah Seobaz toplu 404 kaldırma.

Kemudia pasang extension tersebut di browser Google Chrome Anda.

Proses pemasangan selesai, sekarang Kita kembali lagi ke Google Webmaster. Lalu masuk ke menu Remove URLs yang ada di Google Index. Seharusnya tampilannya sudah sedikit berubah sekarang, di situ sudah ada menu baru untuk memasukan file Notepad yang sudah kita simpan tadi.

Anda tinggal klik pada menu Pilih File dan cari file Link yang tadi disimpan di Notepad.


Setelah File tersebut berhasil masuk ke Pilih File secara otomatis Google Webmaster akan melakukan submite link error tersebut untuk melakukan penghapusan. Jadi Anda sekarang tinggal duduk manis sambil menunggu proses tersebut selesai. (lama proses tergantung jumlah link eror yang ada di Notepad).

Info Tambahan:
  • Saya sendiri tidak tahu, berapa banyak link yang bisa di submite di Remove URLs ini. Dari 1000 link yang saya masukan ke notepad hanya 690 link yang berhasil tersubmite.
  • Jadi saya sarankan Anda melakukannya bertahap, dengan mensubmite 500 link per submite. Jika masih ada link error, lakukan submite seperti di atas di lain waktu.

Akhir Kata:

Itu tadi cara yang saya lakukan untuk menghapus link error 404 Page not Found di webmaster untuk blog saya ini. Dari cara yang saya temukan di google cara di atas tadi adalah yang paling mudah dan praktis, terutama buat Anda yang memiliki blog atau website dengan link error berjumlah sangat banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel