Darimana Blogger Mendapatkan Uang? Ini Penjelasannya

Darimana Blogger mendapatkan uang? Pertanyaan yang sering muncul dan ditanyakan oleh orang awam yang masih belum tahu tentang Dunia Blogging.


Ketika Anda mencari sebuah informasi di situs serach engin seperti Google, Bing, atau mesin pencari lainnya pasti akan muncul artikel tentang informasi yang sedang Anda cari. Artikel tersebut dibuat oleh para Blogger yang mereka tuliskan di blog yang mereka kelola, termasuk artikel ini yang sedang Anda baca.

Apakah Blogger tersebut melakukannya secara sukarela?

Tentu tidak, setiap Blogger memiliki tujuan masing-masing kenapa mereka membuat blog, salah satu tujannya adalah untuk mendapatkan penghasilan berupa uang. Lantas darimana seorang bloger mendapatkan uang?

Sumber Penghasilan Blogger dalam Mendapatkan Uang

Ada banyak sekali sumber atau cara seorang Blogger untuk mendapatkan uang, beberapa di antaranya:
  1. Memasang atau menampilkan iklan di Blog.
  2. Melakukan affiliate marketing.
  3. Dengan berjualan di Blog.
  4. Mempromosikan jasa.
  5. Dan masih banyak lagi lainnya.
Dari keterangan yang Saya tuliskan di atas, seharusnya sekarang Anda sudah memiliki sedikit gambaran. Bahwa Blogger bisa di jadikan sebagai profesi yang menguntungkan, karena memang BENAR dan NYATA bisa menghasilkan uang dari Blog. (Saya sudah membuktikannya sendiri)

Sekarang Saya akan menjelaskan sedikit tentang poin-poin yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Agar Anda bisa lebih paham lagi tentang cara kerja mendpatkan uang dari Blog.

1. Memasang atau menampilkan iklan di Blog.

Maksudnya di sini adalah Kita memasang iklan sebuah produk atau jasa dari orang lain di Blog yang kita keloala, iklan tersebut bisa dari Seseorang atau Perusahaan yang memang ingin mempromosikan produk mereka.

Untuk saat ini iklan yang paling populer dipasang oleh para Blogger di Blog mereka adalah iklan dari Google atau yang lebih dikenal dengan nama Google Adsense. Jadi sebagian besar bloger mendapatkan uang dari Google Adsense.

Untuk komisi yang didapatkan seorang Blogger dengan memasang iklan di Blog mereka biasanya dihitung dari jumlah klik pada iklan tersebut. Jadi semakin banyak pengunjung yang masuk ke dalam Blog, dan mereka mengklik iklan yang tampil maka penghasilannya akan semakin besar juga.

2. Melakukan affiliate marketing.

Affiliate marketing bisa juga disebut makelar online, jadi seorang bloger akan membuat konten di Blog mereka untuk mempromosikan produk dari perusahaan tertentu. Pada konten tersebut nantinya akan di sisipi dengan link affiliate milik mereka, yang menuju ke situs tempat membeli produk yang yang di promosikan.

Jadi tugas intinya di sini adalah mengirim sebanyak mungkin pengunjung ke situs produk yang dipromosikan tersebut, dan nantinya Blogger tersebut akan mendapatkan komisi berupa uang jika ada yang membeli produk melalui link affiliate mereka.

3. Dengan berjualan di blog.

Untuk poin ketiga ini saya rasa kalian sudah paham ya, di sini seorang Blogger membuat Blog khusus untuk mempromosikan produk mereka sendiri. Dengan harapan produk yang mereka jual bisa dikenal orang orang lebih luas, dan banyak yang membelinya. Dengan begitu mereka akan mendapatkan untung, karena produk mereka laku.

4. Mempromosikan jasa mereka.

Hampir sama dengan poin ketiga tadi, hanya saja di sini bukan produk yang ditawarkan, melainkan sebuah jasa. Sebagai contoh disini Anda ingin menawarkan sebuah jasa, maka Anda bisa membuat blog yang membahas tentang jasa Anda.

Sehingga ababila nanti ada orang yang mencari di Google terkait jasa yang Anda tawarkan, orang tersebut akan menemukan atau tau bahwa Anda sedang menawarkan jasa tersebut.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan darimana seorang Blogger bisa mendapatkan uang?

Poin yang Saya sebutkan tadi baru sebagian kecil sumber penghasilan Blogger, masih banyak sumber lainnya yang memang bisa menghasilkan uang.

Akhir Kata:

Semoga artikel singkat yang Saya buat ini bisa menjawab pertanyaan atau rasa ingin tahu Anda terkait suber penghasilan seorang Blogger. Tentang darimana Blogger mendapatkan uang, dan seperti apa prosesnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel