Faktor Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kali ini Anboi.com akan membahas faktor yang menjadi penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasi hal pemarsalahan tersebut.

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Panas berlebih dan overheat merupakan hal paling menyebalkan yang umum terjadi pada laptop. Selain mengganggu kenyamanan panas berlebih yang terjadi pada laptop juga dapan menurunkan performa laptop tersebut dan buruknya lagi bisa mengakibatkan rusaknya komponen laptop.

Apalagi jika laptop yang Anda gunakan sudah berusia tua, tentu masalah seperti ini akan mudah sekali terjadi. Namun tidak menutup kemungkinan juga masalah panas terjadi pada laptop baru, apalagi jika laptop tersebut kurang perawatan.

Nah di bawah ini saya sudah menjelaskan beberapa penyebab laptop cepat panas dan solusi mengatasinya. Silahkan Anda baca untuk bisa mengatasi masalah yang sedang Anda alami tersebut.

Faktor Penyebab Laptop Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya

1. Saluran Ventilasi Kotor

Ventilasi berfungsi sebagai lubang keluar masuknya udara pada sebuah laptop, udara ini yang nantinya akan menurunkan panas pada komponen laptop. Seiring dengan waktu pemakaian, ventilasi pada laptop biasanya akan dipenuhi dengan debu. Hal ini akan mengakibatkan keluar masuknya udara menjadi kurang maksimal, alhasil laptop Anda menjadi cepat panas saat digunakan.

Untuk mengatasinya coba Anda periksa lubang ventilasi, dan jika ternyata kotor banyak debu segera Anda bersihkan debu tersebut dari lubang ventilasi.

2. Kipas Rusak atau Kotor

Kipas pada laptop juga berperan penting dalam mengatur suhu komponen laptop itu sendiri. Kipas ini berperan untuk mengeluarkan udara panas di dalam laptop, agar udara segar bisa masuk lewat lubang ventilasi.

Untuk mengetahui kipas masih bekerja atau tidak, Anda bisa menepelkan telinga ke laptop dan coba dengar apakah masih ada suara kipas berputar atau tidak? Anda juga bisa mendekatkan telapak tangan Anda di lubang kipas, apakah masih ada udara panas yang keluar atau tidak.

Jikas masih terdengar suara kipas, dan udara panas masih keluar dari laptop mungkin saja kipas didalamnya kotor penuh dengan debu. Cobalah untuk membukanya dan membersihkan kipas tersebut, karena kipas yang kotor dan banyak debu menempel biasanya berakibat kerja kipas jadi kurang maksimal.

3. Thermal Paste Kering

Thermal Paste adalah sebuah gel yang berfungsi untuk menurunkan panas pada processor, letaknya biasanya ada di bagian atas processor. Pada laptop baru mungkin hal ini tidak akan terjadi, namun apabila laptop Anda sudah berusia tua cobalah untuk memeriksanya atau.

Sebaiknya Anda menambahkan gel thermal paste ini secara berkala, agar panas pada processor bisa tetap terjaga dan tidak berlebihan. Untuk mengganti atau menambah thermal paste bisa Anda lihat video berikut:



4. Penempatan Laptop Saat Digunakan

Ini yang biasanya kurang diperhatikan orang, hal spele namun sangat berpengaruh terhadap suhu laptop. Apakah anda sering memakai laptop dengan meletakannya di atas bantal atau kasur, atau pada media lain yang serupa?

Itulah mungkin juga yang menjadi penyebab kenapa laptop Anda jadi cepat panas saat sedang digunakan.

Menggunakan laptop di atas kasur dapat berakibat lap jadi cepat panas karena kasur tidak dapat menyerap hawa panas. Selain itu permukaan yang tidak rata juga dapat menyumbat ventilasi laptop yang letaknya di samping atau di bawah.

Jadi saya sarankan Anda meletakan laptop di media yang rata, disini bertujuan agar lubang ventilasi udara jadi tidak terganggu atau tertutupi.

Sedikit Tips Tambahan Menjaga Suhu pada Laptop

Gunakan cooling pad atau kipas tambahan saat menggunakan laptop, ini bertujuan untuk membantu mengalirkan udara segar lewat bagian bawah laptop. Dengan begitu suhu udara di dalam laptop akan tetap terjaga normal, karena udara masuk ke dalam dengan baik.

Namun dalam memilih cooling pad pastikan Anda cari yang benar-benar pas untuk laptop Anda. Sesuaikan dengan letak ventilasi laptop Anda, karena memang setiap laptop memiliki lokasi penempatan ventilasi yang berbeda.

Video Cara Merawat Laptop yang Benar

Akhir Kata:

Itu tadi sedikit penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi laptop yang cepat panas. Saya juga melampirkan video merawat laptong yang benar agar jadi lebih awet. Semoga semua informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel