Mudah, Berikut Cara Membuat Subdomain Tanpa CPanel untuk Blogspot

Cara membuat subdomain tanpa CPanel untuk dipasang pada blogger atau blogspot, tutorial ini saya buat lengkap dengan gambar agar Anda lebih mudah memahaminya.

Cara Membuat Subdomain Tanpa CPanel untuk Blogspot

Kali ini Saya akan kembali membahas tutorial blog, yaitu tentang cara custom subdomain pada blogspot/blogger. Yang akan Saya bahas di sini mulai dari membuat subdomain sampai langkah memasangnya pada blog blogspot.

Awalnya Saya hanya penasaran saja, apakah bisa memasang subdomain pada blogspot. Karena biasanya orang memasang subdomain pada blog wordpress atau yang lainnya dan jarang sekali saya temui blogspot yang menggunakan subdomain.

Dan setelah Saya coba-coba berkonsultasi dengan CS penyedia domain yang Saya gunakan ternyata memang bisa, dan berhasil Saya pasang subdomain di blog blogspot Saya. Berikut ini subdomain yang telah Saya buat https://www.apk.anboi.com, subdomain "apk" dari domain blog ini.

Buat Anda yang juga ingin membuatnya, di sini saya sudah membuatkan tutorial lengkapnya. Anda bisa membacanya di bawah ini.

Cara Membuat Subdomain Tanpa CPanel untuk Blogspot

Yang pertama harus Anda siapkan adalah blog blogspot yang belum tercustom domain TLD, masih menggunakan domain (namadomain.blogspot.com).

Masuk ke Settings > Basic, lalu pilih pada Sisipkan URL pihak ketiga untuk blog Anda.

Cara Membuat Subdomain 1

Selanjutnya Anda masukan nama subdomain yang ingin Anda buat pada kolom yang sudah di sediakan di situ, kemudian klik Simpan. Nanti akan muncul pemberitahuan error, yang intinya proses verifikasi gagal seperti gambar berikut.

Cara Membuat Subdomain 2

Oke itu wajar, karena Anda belum mengatur DNS Management di domain Anda. Sekarang Anda masuk ke halaman pengelolaan domain Anda untuk mengatur DNS Management untuk subdomain yang akan dibuat.

Di sini Saya menggunakan domain dari Niagahoster, jika Anda menggunakan domain dari penyedia domain lain mungkin tampilannya akan sedikit berbeda. Namun Saya rasa intinya sama saja, jadi tinggal Anda sesuaikan saja.

Setelah masuk ke halaman pengelola domain, Anda pilih pada menu DNS Management. Lalu buat Record baru dengan klik pada Add New Record.

Yang pertama Anda buat terlebih dahulu adalah A Record, Anda harus membuat dengan 4 Alamat IP Adress berbeda.

Ip Adressnya adalah berikut:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Buat A Record seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Subdomain 3

Anda buat 4 A Record seperti di atas, dengan menggunakan 4 IP Adress yang Saya sudah cantumkan di atas tadi. Nanti hasilnya akan seperti ini:

Cara Membuat Subdomain 4

Selanjutnya Anda buat Record CName, caranya sama Anda klik saja pada Add New Record seperti tadi. Kemudian buat Record baru seperti gambar berikut:

Cara Membuat Subdomain 5

Pada CName ini bagian subdomain Anda isi dengan subdomain yang akan dibuat dengan di depannya ditambahkan (www.). Sedangkan bagian Hostname Anda isi dengan yang ada di halaman pengaturan blogspot Anda sewaktu akan menambahkan domain pada tahap pertama tadi.

Sekarang kita lanjutkan membuat CName yang kedua, caranya sama saja tinggal Anda klik lagi pada Add New Record. Kemudian Anda buat Record seperti gambar berikut:

Cara Membuat Subdomain 6

Anda sesuaikan CName yang kedua ini sama seperti gambar yang di atas tersebut, Anda masukan kode yang ada di blogspot yang pertama tadi sesuai dengan tanda panah yang sudah saya buat pada gambar tersebut.

Sekarang pengaturan DNS Management sudah selesai, dan hasilnya jadi seperti ini.

Cara Membuat Subdomain 7
Yang saya beri kotak merah adalah Record dari subdomain yang tadi dibuat, sedangkan yang tidak diberi kotak merah adalah Record dari domain utamanya yaitu www.anboi.com.

Sekarang Anda kembali lagi ke halaman blogspot Anda pada saat terjadi error tadi sewaktu akan menambahkan URL dan sekarang coba Anda klik Simpan.

Cara Membuat Subdomain 8

Jika masih belum bisa disimpan, Anda tunggu beberapa menit baru coba klik Simpan lagi. Terkadang malahan ada yang sampai satu jam baru bisa disimpan, tapi umumnya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Jika berhasil disimpan nanti hasilnya akan seperti gambar berikut:

Cara Membuat Subdomain 9

Sub domain sudah berhasil terpasang di blogspot, Anda bisa coba klik Lihat Blog untuk melihat hasilnya.

Akhir Kata:

Itulah tadi tutorial tentang cara membuat subdomain tanpa CPanel ataupun Hosting dan memasangnya di blogspot. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda yang ingin membuat subdomain untuk domain utama blog Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel