4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah


Pasti menyebalkan bukan jika flasdisk yang Kita gunakan untuk menyimpan data file penting ternyata tidak terbaca ketika Kita colokin ke PC atau Laptop. Masalah flashdisk error seperti ini memang kerap di alami banyak orang, jadi tidak Kamu saja yang mengalaminya.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab dari masalah tersebut, jadi jangan dulu menyimpulkan bahwa flasdisk Kamu yang rusak.

Untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini Anboi.com akan memberikan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca saat dihubungkan ke PC atau Laptop. Ada 5 cara yang akan Saya berikan, jadi pastikan Kamu membaca sampai akhir dan mencoba caranya satu-persatu.

1. Periksa Port USB yang ada di Pc atau Laptop Kamu.

Port USB

Seperti yang Saya bilang di atas tadi flashdisk tidak terbaca belum tentu karena flasdisk rusak, bisa juga karena port USB pada PC/Laptop Kamu yang bermasalah. Kasus seperti ini sering sekali Saya temukan, apalagi ketika menggunakan PC di warnet.

Untuk memeriksanya bisa dengan mencolokan flasdisk lain atau menghubungkan smarphone Kamu ke PC/Laptop tersebut. Apabila sama saja tidak dapat terbaca filenya bisa di simpulkan bahwa port USB tersebut yang rusak.

2. Periksa Kondisi Flashdisk Kamu.

Kondisi Flashdisk

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi flashdisk, apakah masih berfungsi dengan baik atau memang terjadi kerusakan.

Pertama Kamu periksa kondisi fisiknya terlebih dahulu, dengan melihat pada bagian ujung flashdisk yang akan dimasukan ke port USB. Pastikan di bagian dalamnya bersih, tidak ada kotoran yang menempel.

Jangan lupa juga untuk coba menghubungkan flasdisk tersebut dengan PC/Laptop lain, apakah bisa terbaca atau tidak. Jika tetap tidak terbaca juga ada kemungkinan flashdisk tersebut memang bermasalah.

3. Perbaiki Flashdisk dengan Fitur yang ada di Windows.

Cara Memperbaiki Flasdisk tidak Terbaca dengan Fitur Bawaan Windows

Pada windows sendiri terdapat fitur yang bernama Disk Managemen, fitur ini bisa Kita manfaatkan juga untuk mengatasi flasdisk yang tidak terbaca datanya.

Jadi yang akan Kita lakukan di sini adalah melakukan scaning pada flashdisk tersebut, untuk mencari ada tidaknya masalah. Jika ditemukan masalah atau kerusakan maka otomatis windows akan memperbaikinya.

Cara menggunakannya adalah:

  • Colokan atau hubungkan flashdisk ke PC/Laptop Kamu melalui port USB.
  • Kemudian klik kanan pada simbol Windows di PC/Laptop Kamu, cari pilihan menu Disk Management kemudian pilih (lihat gambar di atas).
  • Nanti akan terbuka tab baru yang menampilkan drive apa saja yang ada di PC/Laptop Kamu. Disini Kamu pilih dan klik kanan pada nama flashdisk yang tidak terbaca filenya tersebut.
Memperbaiki Flashdisk tidak Terbaca Datanya (1)


  • Setelah klik kanan tadi, dilanjutkan dengan memilih Properties.
  • Nanti muncul tab baru lagi, pada tab tersebut Kamu pilih Tools kemudian Check.
Memperbaiki Flashdisk tidak Terbaca Datanya (2)
  • Terakhir Kamu tinggal pilih Scan and Repair Drive, untuk memulai proses scanning dan juga perbaikan.
Memperbaiki Flashdisk tidak Terbaca Datanya (3)


4. Format Flashdisk Tersebut.

Format Flashdisk

Langkat terakhir jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan tidak berhasil adalah melakukan format pada flashdisk Kamu. Ini bertujuan untuk membersihkan semua isi dari flashdisk tersebut, karena bisa saja flashdisk Kamu sudah terserang virus yang membuatnya tidak bisa terbaca di PC/Laptop.

Ada banyak cara untuk melakukan format flashdisk, Kamu bisa melakukannya melalui CMD, fitur Disk Management pada windows, atau mungkin dengan cara lainnya. Silahkan Kamu cari sendiri cara format flashdisk di google, karena di blog ini Saya belum membuat tutorialnya.

Namun perlu Kamu ketahui apabila memilih menu Format, maka secara otomatis seluruh data di dalam flashdisk akan hilang. Jadi pertimbangkan matang-matang saat ingin mem-format flashdisk.

Akhir Kata:

Artikel tentang Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca ini sudah terbit di blog www.anboi.com, semoga bermanfaat dan bisa mengatasi masalah yang sedang Kamu alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel